Thursday 7 February 2013

mengatasi keruksakan tv sharp piccolo part 2

 Setelah kemarin disibukan dengan sharp piccolo 21 inc  model 21 ES 353 E2 kini datang lagi piccolo dengan keruksakan yang sama yaitu tv mati sendiri dalam kurun waktu tertentu baik sudah 1 jam ,3 jam bahkan seharian di tonton baru mati stand by lalu saya cek semua tegangan normal dan saya coba lakukan pergantian ic STRW 6553A memandangkan ic tersebut kosong dan yang ada STRW 6554 akhirnya kulakukan pergantin karna untuk ic STRW 6553A sama dengan IC strw 6554 dan tak lupa juga elco elco di sekitaran daerah power suplaynya dibabat abis.
setelah seharian di tonton eh mati standby lagi.. dasar merepotkan ni tv rese banget yang kemarin di ganti yang ini langsung ok kok yang ini kagak dasar ni tv bandel banget guman ku, barulah dilakukann pengecekan secara seksama dan saya perhatikan setiap kali mati keluar warna dominan biru disertai garis blankking ternyata ketika tv dah seharian di tonton semakin sering pula matinya dan pas hidup kembali saya lakukan pengukuran di daerah RGB tepatnya untuk katoda warna biru dengan acuan bahwa matinya selalu ada warna dominan biru disertai blanking rupanya pas mau mati tegangan di katoda nol tak pikir panjang langsung saya lakukan reboisai dengan melakukan pergantian transistor BF 420, ok pikirku eh.. setelah dalam hitungan jam lagi lagi tv kembali mati kemudian saya hidupkan lagi dan saya cabut pcb RGB yang nempel di tabung kemudian dilakukan pengukuran tegangan di katoda B ternyata tegangannya ada. wah wah wah... sodara sodaraku sebangsa dan setanah air tegangan katodanya drof jika dah dipasang di tabung dan tegangan katoda B ini hanya nampak drofnya ketika tv dah berulang kali mati. barulah ku coba pergantian tabung slim piccolo dengan tabung tv polytron slim tv dinyalakan widih pas betul stelan v size dan h sizenya gak perlu ada yg dirubah lagi. dan setelah itu barulah dilakukan pengetesan tv dengan menyalakan tv berhari hari tv pun ok normal tanpa mati lagi.. rupanya tabungnya yang rusak mas bro.... kelar juga kerjaan !!!!

10 comments:

  1. mantap infonya Bro,salam knal dri sy

    ReplyDelete
  2. Piccilo mati total klau mau dhdupin lampu merah mnyala tp hnya sdtik aja sudh tu gk ada hidup lg tp terdengar seperti ada getaran Kecil seperti arus listrik tp gk ada nyala lmpu ny

    ReplyDelete
  3. Piccilo mati total klau mau dhdupin lampu merah mnyala tp hnya sdtik aja sudh tu gk ada hidup lg tp terdengar seperti ada getaran Kecil seperti arus listrik tp gk ada nyala lmpu ny

    ReplyDelete
  4. Tv saya sharp picolo slim. kadang mati sendiri gelap tapi lampu di tombol tetap nyala merah. tombol on/off ditekan hidup lagi 5-menit-satu jam-dua jam mati sendiri lagi. iseng saya buka kesing nya setelah lepas malah pikiran saya tertuju pada dua baut pengatur kecerahan warna gambar. langsung saya puntir puntir setelanya pas ketika dipuntir setelan terangnya meningkat eh...malah langsung mati tapi lampu tombol masih tetap nyala. dan setiap dipuntir - ditingkatkan kecerahannya layar nya langsung gelap (mati).
    Akhirnya saya buat sedikit agak gelap warnanya dengan setelan tersebut yang saya sendiri tidak tau nama nya. jadi sedikit lega lumayan sudah tidak mati mati sendiri lagi. tapi masih belum puas ķarna ke error ran nya bukan masalah tv suka mati sendiri tapi juga gambarnya juga sedikit kabur oleh karna nya kenapa saat buka kesing tadi saya langsung puntir puntir setelan warna dan kecerahan tadi tapi nihil sudah mentok tetap segitu ketajaman gambarnya. piling saya sih semoga minta ganti STR nya itu dulu tapi berhubung blum ada soder saya tutup kembali kesingnya.

    ReplyDelete
  5. TV saya yang keluar dominan merah gimana ya

    ReplyDelete
  6. Bos punya sya yg mo kluar gambar agak lama. Trus pas keluar gambarnya blurrr. Kira2 dri apanya ya bOss

    ReplyDelete
  7. sharp piccolo arus gk nyebrang dari trafo regulator, str udah ganti, udah di coba cabut flyback tetep gk nyala mohon solusinya mastee

    ReplyDelete