Sabtu, 09 Maret 2013

Kerusakan Tv Polytron XBR Dan Polytron U slim

Akhir akhir ini saya direpotkan dengan kedatangan tv polytron baik itu XBR, U slim dan lain lain tapi dari kesekian pasen yang masuk banyak tv polytron XBr dan type U slim yang ruksak flaybacknya contohnya saja tv Xbr sudah sekitar 4 bulan di meja servis baru masuk lagi tv polytron U slim dengan kerusakan playbacknya "ujubuneng busyet dah ampun kalo kaya gini... soale dari kebanyakan yang masuk tv polytronlah yang sering kena playbacknya yang bulan lalu aja belum dapat, sekarang yang baru datang dah rusak lagi playbacknya mana pesenan flayback yang ori dah berbulan bulan gak datang juga lagi. gerutuku dalam hati"
keruksakan playback tv polytron di tempatku tinggal cukup merepotkan contohnya seperti kasus keruksakan tv polytron Xbr slim dengan rusak playcback yang bernomor JF 0501 19584 keruksakan awal ketika tv dinyalakan di belakan layar muncul percikan api setelah diamati percikan api itu keluar dari soket di bagian secreen awalnya saya mencurigai tabungnya yang rusak memandangkan percikan apinya begitu kuat tapi semua itu terbantahkan ketika melakukan pengetesan tabung atau layar tersebut dengan mesin yang bagus dan hasilnya bagus. Barulah tersimpulkan flaybacknya yang rusak. Setelah melakukan pencariaan no flayback JF 0501 198584 tidak di dapat akhirnya ku putuskan untuk membeli playback persamaanya yang bernomor JF 0501 19577 cuma yang lokal entah lokal buatan mana saya juga gak tau persisnya dan juga gak mau tau dari mana asalnya yang penting flayback bisa dipake hehehehehe setelah melakukan pemasangan tv pun hidup dan di bawa sama empunya eh.. rupanya di pagi buta tv balik lagi dengan keadaan mati setelah di bongkar trnasistor horizontalnya yang rusak.Kemudian dilakukan pergantian dengan transistor bagus baru di test dalam hitungan jam kira kira stengah jam tv pun mati lagi ku bongkar lagi dan di cek tiap tegangan siapa tau ada tegangan gak beres namun tidak didapati karena semua tegangan pada normal semua. lakukan lagi pergantian transistor horizontal untuk yang kedua kalinya dan gak nyampe beberapa menit tv pun mati lagi begitu seterusnya ampe aku bosan sekaligus pening memandangkan transistor horizontal dah mau habis satu lusin ,, akhirnya ku ambil sebuah kesimpulan flaybacknya yang tak beres kucari cari persamaan flayback dan di dapat untuk persamaannya yaitu nomer FCM 20B061 dengan susunan kaki sebagai berikut : Col / b+ /gnd / Nc / 185v / H / Nc / Abl /+12 /-12
setelah melakukan pemasangan tv pun hidup da pas dilihat layarnya garis blangking puting setelah melakukan pengecekan tegangan 185v untuk tegangan R,G,B didapat nol . Setelah dilakukan pengecekan komponen di jalur tegangan tidak didapati komponen yang rusak. Akhirnya ku coba memindahkan kaki 185volt yang tadinya di kaki no 5 flayback ku pindahkan ke kaki Nc yaitu ke sebelahnya atau kaki no 4 baru dinyalakan lagi tv pun hidup normal . Yes yes yes... berhasil !!! dan setelah melakukan pergantian Flayback dengan No FCM 20B601 N tv itu normal gak mati lagi sampai sekarang....

12 komentar:

  1. Klo layar mati,tp indikator lampunya nyala apa permasalahannya sama?
    Klo diservice kira2 habis banyak gak

    BalasHapus
  2. Klo layar mati,tp indikator lampunya nyala apa permasalahannya sama?
    Klo diservice kira2 habis banyak gak

    BalasHapus
  3. kalo lampu indikator nyala tok biasanya yang kena transistor horisontalnya putus biayanya di bawah aeratus ribu mas brow..

    BalasHapus
  4. Askum,Minta data parameternya bos,untuk politron u slim

    BalasHapus
  5. pass banget nih kebetulan TV di rumah memiliki kesama'an dengan topik masalah. Politron 29" Slim,' saya ngk begitu faham mesin TV. tetapi saya dapat pastikan ketika menyalakan TV ada percikan api yang terlihat di bagian belakang sirkuit tabung' dan langsung mempengaruhi warna dengan menimbulkan garis putih bersusung bekedap kedip se-iring percikan Api. Trus saya coba dengan menyiasati-nya mengurangi Grafik Color pada TV dibawah 50. Hilang Apinya. terlihat Normal'. tetapi beberapa minggu yang lalu dan sampai saat ini Timbul masalah baru. Yakni dengan muncul garis Hijau dibagian kiri ditengah normal dan bagian kanan berwarna merah'. bila TV menampilkan gambar terang ' dan akan kembali Normal saat menampilkan gambar sedikit gelap. ?
    Kiranya bisa dapat memberikan sedikit pencerahan pada saya...
    Salam santun terus berkreasi dan berbagi KK' ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru lihat blog membahas servise TV dengan kerusakan macam ini.
      Udah terlambat jauh untuk menjawab.
      Tapi mungkin bisa buat sekedar perkenalan sekaligus memperbanyak silaturromhmi..
      Untuk kerusakan TV mbak Nafisha kaya'nya sama persis dengan yg di bahas di atas.
      Kerusakan pada Trafo FlyBack, dan itu harus di ganti baru, masalahnya penggantinya belum tentu ada di daerang kita masing-masing..

      Untuk cara yang saya gunakan sering dengan cara seperti topik di atas.
      Mengganti dengan Flyback yang type berbeda tapi memiliki kesamaan data kakinnya.
      Untuk letak kaki tidak perlu dipermasalahkan, bisa di oper-oper menggunakan kabel, asal jurusan datanya sesuai antara Flyback asline dengan Flyback penggantinya.

      Untuk Tipe Flyback BSC tanpa tegangan output negatif (-) dan (+) atau output tunggal (Non CT) ukuran 21" kebawah, biasa aku gunakan 154-177B atau 154-064 (beda sedikit).
      Flyback milik Goldstar ini terbilang cukup universal, hampir semua merk TV bisa terpenuhi dengan Output Flyback ini, dan terbilang cukup kuat..
      Jika lobang kaki sama tinggal memutus jalur dan menjumper dengan kabel.
      Jika tidak sama maka tidak perlu di tancapkan, hanya menyambung dengan kabel dan menaruh Flyback sedemikian rupa supaya tidak goyang/gerak. Di butuhkan kreatifitas sendiri..

      Bagi yang belum tahu dasar servis TV tidak di sarankan untuk mebongkar dan mengganti sediri TVnya yang rusak. Di butuhkan kejelian dan ketelitian dan sedikit pengalaman..

      Hapus
  6. Ass...tv saya politron u slim...lampu indikatornya tidak menyala setelah saya periksa ternyata D522,R502 dan C505 meledak dan pecah....brapa nilai D,R, dan C tersebut....dimohon bantuanya gan....trims

    BalasHapus
  7. mas bro... punya parameter data option polytron 29" slim xbr type:PC30UV200R, yg pakek micom HBT-04-003G ( ic tempel bawah), tolong bantu mas...
    (krisna_elec@yahoo.co.id)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf sekali mas bro saya tidak sempat mosting alasan kesibukan yang kian menghantui..

      Hapus
  8. Mas mau tanya ni...tv ku xbr.knpa tegangan 12+ sama 12- dri flyback ko gx kluar

    BalasHapus
  9. Mau tanya ni bos aku dpat pasien tv politron lampu indikator nyala tpi tidak bisa start tegangan ic micom 5v ada cuman 8 vol terukur 4v itu kira2 apanya bos.tolong kasih komen bos

    BalasHapus