Friday 11 January 2013

POLITRON GAMBAR BERGESER (gak bisa diset oto)

Sebelumnya maaf! bukan bermaksud menggurui atau sok tahu. Jujur aja aku sebenernya kurang faham dengan cara kerja komponen TV, makanya sering kali saat aku memperbaiki TV yg keluar justru jurus-jurus yang tidak standar, bahkan kadang nyeleneh.
Seperti seminggu yang lalu saat datang dua konsumem membawa Politron 21, dan Dìgitek 14 dengan kerusakan yang sama yaitu program tidak bisa terkunci kecuali di 'fine tuning'.
Karena kerusakan sama dan mesin yang relatif juga sama makanya aku fokus ke salah satu aja yaitu politron 21.
Setelah hampir seharian ngubeg-ngubek bagian sinyal dari tuner sampe penggantian kroma, bahkan program, tidak menemukan titik terang akhirnya aku istirahatin sambil di fine tuning aku pake bwt nonton Film di trans.
Saat memegang remot aku iseng buka menu servis dgn menekan menu saat tv posisi standby, lalu masukkan kode 1013. Tidak ada menu yang menarik perhatianku disitu, lalu aku coba lagi masuk menu servis dgn kode1014. Wowww! ini dia ... ada dua parameter bwt pengaturan IF, dan di bawahnya ada tulisan AFT LOW. Aku coba naikkan kedua parametes tsb, dan tiba-tiba tulisan AFT LOW berganti AFT OK. yes!!! dengan menekan menu setting baru itupun tersimpan.
Selanjudnya dengan menu AUTO SEARH aku coba program siaran. dan Alhamdulillah bisa terselesaikan masalahnya.
Sedang untuk memperbaiki Digitek 14, aku tak perlu membuka baut kap belakang, ataupun menyolder komponen. Cukup melakukan langkah berikut;

1. Pake menu Fine tuning untuk mencari satu chanel TV, setelah dapet gambar bagus dan suara bagus, matikan tv dgn remot.

2. Tekan menu diremot dan tahan sampai tv hidup.

3. Masukkan paswort 1014.

4,. Cari menu IF XXX .

5. Lihat dibawah menu ada tulisan AFT LOW atau AFT HIGT. Kalo AFT LOW berarti parameter IF harus dinaikkan, kalo tulisannya AFT HIGT berarti parameternya harus diturunkan sampai tulisan berubah menjadi AFT OK.

6. Tekan menu untuk menyimpan setting baru.

7. Matikan TV untuk keluar dari menu servis.

8. Hidupkan TV dan mulai pencarian oto.

9. Bayaran !

Well ! ini pengalamanku, mungkin memang tidak mengikuti standar servis, tapi itu berhasil !!

2 comments: